Mazda MX-5 RF Dapat Suntikan Tenaga Lebih Besar

0
18
views

DUNIAMOBIL.com – Momen Mazda Power Drive tidak hanya jadi ajang perkenalan Mazda CX-9 yang mengalami perubahan, mobil sport Mazda MX-5 RF Roadster turut mendapatkannya. Malah ubahan yang dilakukan cukup berpengaruh pada performa keseluruhan. Ya, tenaga dan torsinya mengalami peningkatan, agar akselerasinya semakin kencang.

Namun, bisa dipastikan tidak terlalu signifikan perbedaannya. Tenaga mesin SKYACTIV-G 4-silinder 2,0-liter cuma terdongkrak 13 PS menjadi 183 PS dan torsinya naik 5 Nm jadi 205 Nm. Putaran mesin maksimal turut ditingkatkan menjadi 7.500 rpm (sebelumnya 6.800 rpm), yang membuat tenaga puncak bisa didapat 7.000 rpm dan torsi lebih rendah di 4.000 rpm. Tentunya bakal sedikit lebih kencang berakselerasi dan meraung lebih tinggi, plus rasio tenaga dengan bobot yang makin ideal.

Ubahan yang dilakukan tidak hanya meng-update perangkat lunak. Didapat juga berkat penggunaan piston dan connecting rods yang lebih ringan, injeksi bahan bakar bertekanan tinggi serta desain ulang intake manifold. Tak cukup sampai di situ, flywheel baru digunakan agar respons throttle semakin cepat. Juga sistem exhaust baru, yang diklaim menghasilkan suara semakin sporty.

Karakter khas MX-5 Miata terbawa dari format penggerak roda belakang (RWD), yang membuatnya sangat murni disebut mobil sport. Sayangnya, untuk pasar Indonesia, transmisi menggunakan otomatis 6-speed saja, tanpa ada varian manual.

“Kehadiran MX-5 terbaru ini, akan memuaskan para penggemar mobil sport berbobot ringan yang menjadi keunggulan MX-5. Dengan filosofi unik khas Mazda: Jinba-Ittai, setiap pengemudi mobil dapat merasakan kesatuan yang harmonis dengan mobilnya sehingga dapat menyuguhkan kesenangan berkendara yang istimewa,” kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia.

Pembaruan sedikit terjadi di bagian interior. Jika dulu setirnya hanya ada mode pengaturan tilt, kini ditambahkan telescopic untuk mengatur jarak jangkauan. Fitur yang terbilang penting, agar tercipta posisi mengemudi se-ideal mungkin, terutama untuk pengemudi dengan postur bervariasi.

Sementara itu, tampak luar terlihat sama saja. Yang dijual merupakan varian RF alias menggunakan atap metal bukan soft top. Atap dapat dibuka dan tutup secara elektrik dirasa cocok untuk pasar negara tropis seperti Indonesia. Bedanya ada warna pelek 17-inci yang kini dikelir hitam glossy menggantikan hitam matte.

Mazda MX-5 baru ini ditawarkan dengan harga Rp 799,8 juta (OTR Jabodetabek). Pilihan warnanya ada Snowflake White Pearl Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Dua warna terakhir perlu menambahkan Rp 4 juta dari harga dasar. (Odi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here